MANFAAT E-LEARNING DALAM PENDIDIKAN
Oleh:
HimayatulHasiba : 10.0401.0017
NurulHidayati : 10.0401.0090
A. PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi mempunyai peran yang
sangatpentingdalamduniapendidikan.Pembelajaranjarakjauhadalahsebuahmetodepengajaran
di manaaktivitaspengajarandilaksanakansecaraterpisah.Terpisahnyakegiatantersebutdapatberupajarakfisikmaupunnonfisik.Sisitempendidikanjarakjauhinimerupakansuatu
alternative untukpemerataankesempatandalambidangpendidikan. System
inijugadapatmengatasikurangnyatenagapengajar yang berkualitas, karenatenagapengajardanpesertadidiktidakharusberadadalamsatutempat
yang sama.Olehkarenaitupengembangan model
pengajaraninitidakhanyasekedarmenyajikanmateripelajarankedalam internet
tetapiperlu di pertimbangkansecaralogisdanmemegangprinsippembelajaran.Ilmudanteknologiterutamatelnologiberkembangbegitupesat.Dalambidangpendidikantelahberkembangapa
yang disebutdengane-learning. Pemanfaatanteknologiinternet
untukpendidikan di peloporiolehsekolahmiliter di AmerikaSerikat (1983).Di
Indonesia pemanfaatanteknologi internet dimualisekitartahun 1995
ketikaIndoInternetmemperkenalkanjasalayanan internet.Seiringperkembanganzaman, pemanfaatan
internet untukpendidikan di Indonesia,khususnya di
perguruantinggiterusberkembang.
Tujuandaripembelajaraniniantaralainadalahmenerapkanpendidikanjarakjauh
yang di kembangkan di Indonesia.
Saranapenunjangdalampendidikanjarakjauhiniadalahteknologiinformasi.Kemunculanteknologiinformasidankomunikasipadapendidikansecaraonline,
baikpendidikan formal ataunonformal yang menggunakanfasilitas internet.
B. MENGENAL E-LEARNING
1. Internet sebagai media pendidikan
Dewasa ini perkembangan teknologi sangat pesat. Kini,
untuk mencari informasi tidak hanya terbatas pada surat kabar, audio visual dan
elektronik, tetapi juga melalui sumber informasi lain diantaranya jaringan
internet. Dengan berkembangnya teknologi ini, memungkinkan semua orang untuk
bisa mendapatkan informasi dimanapun dan kapanpun.
Penemuan internet dianggapsebagaipenemuan
yang cukupbesar, yang mengubahduniadari yang bersifatlokalmenjadiglobal.Didalam
internet terdapatsumber-sumberinformasidunia yang dapat di
aksesolehsiapapundankapanpunmelaluijaringan internet.
Perkembangan
teknologi tersebut juga memberi dampak pada pendidikan, yang mana pendidikan
merupakan proses komunikasi dan informasi antara pendidik dan siswa. Salah satu
hasilnya yaitu sebuah metode pembelajaran jarak jauh yang disebut dengan e-Learning.
2.
Apaitue-Learning
Banyakparaahlimendefinisakane-Learningsesuaisudutpandangnya.E-Learning
berkepanjangandarielectronicdanlearning.Menurut
Dewi Salma Prawiladilaga dan Eveline Siregar dalam bukunya Mozaik Teknologi
Pendidikan (200:97) mengatakan bahwa “e-Learning atau pembelajaran
melalui online adalah pembelajaran yang pelaksanaannya didukung oleh
jasa teknologi seperti telepon, audio, videotape, transmisi satelit atau
komputer”.
E-Learning merupakan sebuah metode pembelajaran yang sangat bergantung dengan
bantuan perangkat elektronik, khususnya komputer dan jaringan internet. Dari
definisitersebutdapatdipahamibahwaPembelajarandengane-Learningmembutuhkaninfrastrukturersendiri
yang mendukungterutamaadalahkoneksi internet.Sehingga e-learning
tidakdapatdipisahkandaripenggunaan internet dalampembelajaran. Tetapi e-Learning juga tidak selamanya harus menggunakan jaringan internet.E-Learning juga bisa menggunakan media CD/DVD ataupun media penyimpanan data
lainnya. Dengan demikian e-Learning bisa didefinisikan sebagai suatu sistem atau konsep pendidikan yang
memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar.
Sedangkankarakteristike-Learningantaralainadalah:
a. Memanfaatkanjasateknologielektronik, di
manapendidikdanpesertadidik, pesertadidikdengansesamapesertadidikataupendidikdan
sesame pendidikdapatberkomunikasidengan relative mudahtanpadibatasiolehhal-hal
yang protokoler.
b. Memanfaatkankeunggulankomputer.
c. Menggunakanbahanajarbersifatmandiriyangdisimpan
di computer sehinggadapatdiaksesolehpendidikdanpesertadidikkapansajadan di
manasajabilamemerlukannya.
d. Memanfaatkanjadwalpembelajaran, kurikulum,
hasilkemajuanbelajardanhal-halyang
berkaitandenganadministrasipendidikandapatdilihatsetiapsaat di komputer.
3. Kelebihandankekurangane-Learning
Seiringdenganberkembangnyateknologipembelajaran,
padaprinsipnyateknologitersebutdapatdikelompokkanmenjadidua, yaitu: Technology
based learning yang terdiridariAudio Information Technologies(radio,
audio tape, voice mail telephone) danVideo Information Technologies
(video tape, video text, video messaging)sertaTechnology based web-learning
yang padadasarnyaadalahData Information Technologies (bulletin board,
Internet, e-mail, tele-collaboration).
Dalampelaksanaanpembelajaransehari-hari,
yang seringdijumpaiadalah
Kombinasidariteknologi yang dituliskan di
atas.Teknologiinijugasering di pakaipadapendidikanjarakjauhyang dimaksudkan
agar komunikasiantarapendidikdanpesertadidik bias terjadidengankeunggulan
Teknologie-Learningini.
Pada proses pembelajaran, metode e-Learning banyak memiliki manfaat, baik itu manfaat bagi tenaga pengajar,
peserta didik dan institusi penyelenggara pendidikan. Beberapa
manfaat e-Learning dilihat dari sisi pengguna e-Learning:
a.
Bagi Tenaga Pengajar
1)
Pemanfaatan
multimedia (gambar, foto, animasi, audio, video dll) untuk penganekaragaman dan
pengayaan pembelajaran.
2)
Mempermudah
dalam pemantauan kegiatan belajar peserta didik.
3)
Sebagai
bentuk pemanfaatan TIK dalam pengembangan kegiatan belajar mengajar secara
interaktif.
4)
Sebagai
sarana unjuk kompetensi dan profesionalisme tenaga pengajar.
b.
Bagi Peserta Didik
1)
Sebagai
sarana untuk berkomunikasi secara interaktif dengan tenaga pengajar yang lebih
efektif dalam proses pendidikan dan pengajaran.
2)
Mengoptimalkan
proses belajar mengajar karena tidak lagi terlalu terikat oleh ruang dan waktu.
3)
Sebagai
sarana pembekalan dan pelatihan terhadap pemanfaatan TIK.
4)
Memaksimalkan
data tangkap peserta didik, karena bahan ajar tidak hanya terpaku kepada teks
tetapi bisa berupa gambar, video ataupun media-media yang menarik lainnya.
c.
Bagi Institusi Penyelenggara
1)
Sebagai
salah satu indikator tentang pemanfaatan, penerapan dan pengembangan TIK.
2)
Sebagai
bentuk komunikasi, publikasi dan promosi Institusi agar lebih dikenal oleh
masyarakat secara luas baik didalam negeri maupun keluar negeri, khususnya di
bidang pendidikan dan pengajaran.
3)
Sebagai
sarana monitoring dan evaluasi kinerja satuan kerja pendidikan dalam rencana
kerja pendidikan yang telah ditetapkan.
4)
Sebagai
sarana untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja tenaga pengajar.
Walaupundemikianpemanfaatan internet
untukpembelajaranataue-Learningjugatidakterlepasdariberbagaikekurangan.Menghadirkansuasanasekolah
yang sesungguhnyamelaluiInformasiTeknologibukanlahhal yang mudah,
karenapendidikantidakhanyamentransferilmupengetahuandanteknologisajamelainkanlingkunganpendidikanharustetap
di upayakansertaharusmemilikisejumlahmanfaat lain yang
jugapentingdalammembentukkepribadianpesertadidik.
Faktoritulah yang belumdapatdihadirkandalam system e-Learningsaatini.Melalui
model pertemuan yang
tidaksecaralangsungantarapendidikdanpesertadidikatauantarpesertadidikdanpesertadidikmenjadikanpembentukankepribadian,
pembentukanemosidanpolaberfikirbelummendapatporsi yang seimbangbahkancenderungsangatkurang.Beberapakekurangandalame-Learning:
1) Kurangnyainteraksiantarapendidikdanpesertadidikataubahkanantarpesertadidikitusendiri.
Kurangnyainteraksiinibisamemperlambatterbentuknyakepribadaandalam proses
belajarmengajar.
2) Kecenderunganmengabaikanaspekakademikatauaspek
social dansebaliknyamendorongtumbuhnyaaspekbisniskomersial.
3) Proses
belajarmengajarcenderungkearahpelatihandaripadapendidikan.
4) Berubahnyaperan guru dari yang
semulamenguasaiteknikpembelajarankonvensional, kinijugadituntutmengetahuiteknikpembelajaranyang
menggunakan ICT.
5) Siswa yang tidakmempunyaimotivasibelajar
yangtinggicenderunggagal.
6) Tidaksemuatempattersediafasilitas internet.
7) Kurangnyatenaga yang
mengetahuidanmemilikiketrampilan internet.
8) Kurangnyapenguasaanbahasakomputer.
Adapunpengaruh negative dari internet itusendiriantara
lain:
1) Pengaruhpsikologi
Keinginenserbacepatdalammelakukankegiatanapasaja.Hal
iniperludiwaspadai agar tetapdapatmembedakankondisiantaraberinteraksidengan
computer danberinterksidenganlingkungannya.
2) Menurunnyakemampuanberpikir
Berbagaimacamfasilitas yang dapat di
aksessecaraotomatismengakibatkanmenurunnyakemampuanberpikir.
3) Menurunnyasosialisasi
Perubahanpsikologidanterlaluasyiknyabermain computer
besertaaplikasinyamengakibatkanpenurunansosialisasipadapenggunkomputer.
4) Merasasetatussosialnyalebihtinggi
Saatiniteknologi computer masihtergolongsebagaiteknologibaru
yang harganyamasihcukuptinggai, makapemilikmerasabahwasetatussosialnyalebihtinggi.
5) Meningkatnyajumlahpengangguran
Di suatusisi, computer memangsangatmembantumeningkatkansuatukualitas,
namun di sisi lain jugamenggusurtenagakerja, misalnyatenagapengajar.
6) Penyalahgunaanlainnya
Komputerjugasering di salahgunakan, untukmemproduksiataumenyebarluaskangambar-gambar
porno yang dapatmerusak moral parapengguna.
C.
PERTIMBANGAN E-LEARNING
E-learningakansangatbergunajikadilaksanakan.
Berbagaimanfaatadanya system iniakan bias dirasakan. Mungkinbagibeberapa orang,
merekasudah bias merasakanmanfaatadanyae-Learningini.Tetapimasihlebihbanyak
yang belum bias merasakannya.Melihatnyasajabelum,
apalagimerasakanmanfaatnya.Bahkan di kalanganpengajar pun masihada yang
belummengenalapaitue-Learning.
Padaumumnya, pemanfaatane-Learningtergantungpadapenggunamemandangataumenilaie-Learning
itusediri.Penggunaanteknologitersebuttergantungpada: Pertama,
Apakahteknologiitumemangsudahmerupakankebutuhan.Kedua,
Apakahfasilitaspendukungnyasudahmemadai.Ketiga, Apakahdidukungdana yang
memadai. Keempat, Apakahadadukungandaripembuatkebijakan.
Satuhal yang perludiperhatikansebelumseseorangmemenfaatkan
internet untukpembelajaran, yaituperlunyamelakukankajian,
apakahmemangmemerlukane-Learningatautidak.Sebabkadang-kadangwalaupunpenggunaane-Learning
untukpembelajarantelahdisiapkansecarabaikdankualitaspenyelenggarannyajugabaik,
masyarakantbelum bias menerimanyakarenamerekamenganggapcara-carapendidikankonvensional
di anggaplebihbaik.
D.
KESIMPULAN
E-learningadalahpembelajaran yang
memerlukanalatbantuelektronika.Bisaberupatechnology basew learningseperti
audio dan video atauweb-base learning (denganbantuanperangkatkomputerdan
internet).Penggunaanteknologie-Learningsebenarnya bias dipakaiuntukpendidikantatapmukaataupendidikanjarakjauhtergantungdarikepentingannya.Dengan adanya uraian mengenai e-Learning diatas,
dapat di simpulkan bahwa pemanfaatan e-Learning sudah
seharusnya mulai dirintis atau diterapkan pada sebuah institusi penyelenggara
pendidikan. Hal tersebut dikarenakan telah banyaknya media maupun teknologi
yang dikembangkan guna mendukung terselenggaranya e-Learning. Salah satu diantaranya
yaitu perkembangan di bidang teknologi informasi khususnya pada komputer dan
jaringan internet. Saat ini dengan teknologi tersebut, kita dapat dengan mudah
mengakses informasi dimanapun dan kapanpun kita mau.
DAFTAR PUSTAKA
Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. e-Education
Konsep, TeknologidanAplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: ANDI
Prawiladilaga, Dewi Salma
danEvelineSiregar. 2004. MozaikTeknologiPendidikan. Jakarta: Kencana
Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran.
Jakarta: BaumiAksara
Fatekha,
RifqiAmal(2012) “e-Learning” (online) Tersediahttp://rifqithokz.wordpress.com/2012/01/11/sedikit-pengenalan-tentang-e-learning/(15 maret
2012)
Ngadiyo(2008)“DampakPenggunaanMetodePembelajaran
e-Learning bagiMahasiswa” (online) tersediahttp://ngadiyo.files.wordpress.com/2008/03/187_30203614_e-learning_ngadiyo.pdf (15 Maret 2012)
Suryanto, Asep Herman (2005) “Mengenal
e-Learning” (online) Tersedia:http://www.asep-hs.web.ugm.ac.id (6 Maret 2012)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar