PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Oleh :
-
Supoyo : 10.0401.0009
-
Endah Fitriana : 10.0401.0055
A. Pendahuluan
Seiring
dengan kebutuhan masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup, maka
pendidikan akan terus tumbuh dan berkembang. Pendidikan di fungsikan sebgai fasilitator untuk memberikan
pemahahaman dasar kepada manusia agar dapat berlaku produktif dalam mengelola
lingkungan sekitar. Pendidikan hendaknya didorong ke arah yang lebih produktif
yaitu untuk mencipta sesuatu agar dapat menstimulus manusia agar bisa kreatif
dan produktif terutama dalam pemenuhan kebutuhan hidup baik itu yang bersifat
fisik maupun non fisik.
Pendidikan adalah sebagai upaya sadar manusia
dalam memahami diri sendiri dan lingkunganya atau upaya manusia dalam memahami
interaksi antara makro dan mikro kosmos. Oleh sebab itu pendidikan harus mampu
memupuk dan menumbuhkan kesadaran akan arti keberadaan manusia untuk lingkungan
dan alam sekitar. Dewasa ini arus penetrasi kebudayaan yang datang dari Barat
semakin gencar mewarnai sistem kehidupan sosiokultural masyarakat Indonesia. Di
perparah lagi dengan adanya kecenderungan sebahagian generasi muda bangsa ini
berkiblat kepada kepada kebudayaan tersebut. Keadaan akan tampak semakin
konkrit ketika kita mencoba melihat fenomena yang ada seperti maraknya
pergaulan bebas, kasus narkoba dan sebagainya.
Di tengah
pusaran pengaruh hegemoni global tersebut, fenomena yang terjadi juga telah membuat
lembaga pendidikan serasa kehilangan ruang gerak. Selain itu juga membuat semakin
menipisnya pemahaman peserta didik tentang sejarah lokal serta tradisi budaya
yang ada dalam masyarakat. Oleh karena itu maka alangkah lebih baiknya jika
diupayakan bagaimana caranya agar aneka ragam
budaya yang telah kita miliki tersebut bisa kita jaga dan kita
lestarikan bersama.
Dengan
pendidikan yang berbasis pada local
wisdom (kearifan lokal) maka kita bisa optimis akan terciptanya pendidikan
yang mampu memberi makna bagi kehidupan manusia Indonesia. Artinya pendidikan
kemudian akan mampu menjadi spirit yang bisa mewarnai dinamika manusia
Indonesia kedepan. Pendidikan nasional kita harus mampu membentuk manusia yang
berintegritas tinggi dan berkarakter sehingga mampu melahirkan anak- anak
bangsa yang hebat dan bermartabat sesuai dengan spirit pendidikan yaitu
memanusiakan manusia.
B. Pembahasan
Pendidikan
bebasis kearifan lokal adalah pendidikan yang lebih didasarkan kepada pengayaan
nilai- nilai cultural. Pendidikan ini mengajarkan peserta didik untuk selalu
dekat dengan situasi konkrit yang mereka hadapi sehari-hari. Dengan kata lain
model pendidikan ini mengajak kepada
kita semua untuk selalu dekat dan menjaga keadaan sekitar yang bersifat nilai yang
berada di dalam lokal masayarakat tersebut. Model pendidikan ini bisa
diidentifikasi dengan beberapa hal sebagai berikut:
1.
Gagasan
dan dasar hukum yang melindungi
Gagasan tentang pendidikan berbasis
kearifan lokal ini berawal dari sebuah ungkapan yang disampaikan oleh Jhon Naisbit (1990) yang kemudian direspon
dan dikembangkan oleh sebagian para pakar sosial dengan ungkapan “thinks
globaly acts localy” (berpikir global dan bertindak lokal). Maksud dari
ungkapan tersebut adalah, seseorang bisa mengambil pengalaman dan pengetahuan
apapun, dari suku manapun dan bangsa manapun, akan tetapi dalam
pengaplikasiannya dalam sebuah tindakan ketika seseorang berada di dalam suatu
tempat, maka ia harus menyesuaikan dengan nilai dan budaya yang ada di tempat
tersebut.
Dengan adanya pengetahuan yang bersifat
global, seseorang akan dapat dengan mudah membaca dan mengenali suatu masalah
dan memecahkannya. Maka dari itu seseorang perlu untuk berpengetahuan banyak
agar wawasan menjadi relatif luas. Akan tetapi dalam hal pendidikan pada
umumnya dan belajar mengajar khususnya, seorang pendidik tidak cukup hanya
dengan berpengetahuan banyak dan berwawasan luas, akan tetapi untuk
merefleksikan transfer of knolage
(proses pembelajaran) tersebut juga harus disertai dengan emotion skill (kemampuan emosi) yaitu bagaimana seorang pendidik
harus bisa masuk ke dalam dunia di mana anak didik tersebut berada. Dalam
masalah ini ada satu hal yang perlu diingat yaitu “seorang anak didik yang
datang ke sebuah kelas dalam suatu sekolah tidaklah seperti gelas kososong,
akan tetapi mereka sudah membawa pengetahuan dan kebiasaan- kebiasaan dari
tempat di mana ia tinggal”. Dengan kata lain bahwa lingkungan yang menjadi
tempat tinggal seorang anal didik yang satu, berbeda dengan lingkungan yang
menjadi tempat tinggal anak didik yang lain. Dengan begitu sudah barang tentu
bahwa status sosial dan ekonomi merekapun pasti berbeda- beda. Begitu juga
dalam lokal masyarakat, di dalam sebuah lokal masyarakat yang satu, pasti akan
berbeda dengan lokal masyarakat yang lain. Itulah sebabnya kenapa di Indonesia
ada semboyan “Bineka Tunggal Ika”
yang maksud dari semboyan tersebut adalah walaupun kita berasal dari suku yang
berbeda serta budaya yang berbeda pula, akan tetapi kita memiliki satu kesatuan
yaitu Indonesia.
Dari kata semboyan yang tersebut di atas
bisa disimpulkan bahwa negara Indonesia memang telah mempunyai banyak sekali lokal
masyarakat yang tentunya memiliki keanekaragaman budaya yang berbeda- beda
pula. Maka dari itu sudah barang tentu bahwa negara Indonesia sebenarnya telah
memiliki kekayaan budaya yang pastinya bisa memberi sebuah warna dan corak yang
bisa dikembangkan menjadi sebuah karakter bangsa.
Pendidikan bebasis kearifan lokal
sebenarnya adalah bentuk refleksi dan realisasi dari Peraturan Pemerintah (PP)
Nomor 19/ 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yaitu pasal 17 ayat 1 yang
menjelaskan bahwa ”kurikilum tingkat satuan pendidikan SD- SMA, atau bentuk
lain yang sederajat dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi
daerah, sosial budaya, dan peserta didik”.
2.
Tujuan
dan manfaat dari pendidikan yang berbasis pada kearifan lokal
Tujuan dari pendidikan berbasis kearifan
lokal ialah sesuai dengan nas yang telah termaktub dalam undang- undang
nasional yaitu Undang- undang (UU) No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional pada Pasal 3, menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi
mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang
bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab.
Sedangkan manfaat dari pendidikan yang
berbasis kepada kearifan lokal antara lain ialah:
a. Melahirkan generasi- generasi yang kompeten
dan bermartabat
b. Merefleksikan nilai- nilai budaya
c. Berperan serta dalam membentuk karakter
bangsa
d. Ikut berkontribusi demi terciptanya
identitas bangsa
e. Ikut andil dalam melestarikan budaya
bangsa
3. Arti penting sebuah nilai
Bicara tentang nilai, maka sudah barang
tentu tidak bisa lepas dari sebuah kata integritas, yang apabila dibahas
lebihlanjut, maka integritas tersebut akan menjadi sebuah identitas. Dalam hal
ini, ada sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University Amerika Serikat (Ali Ibrahim
Akbar, 2000), yang menyatakan bahwa ternyata kesuksesan seseorang tidak bisa ditentukan
semata-mata hanya karena pengaruh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard
skill) saja, akan tetapi lebih karena kemampuan mengelola diri dan orang
lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, bahwa kesuksesan
hanya ditentukan sekitar 20 persen oleh hard skill dan sisanya yang 80
persen lebih ditentukan oleh soft skill.
Jika diperhatikan, kata ... di di atas
bisa disederhanakan dengan ungkapan nilai. Maksud dari nilai tersebut adalah
sebuah integritas yangakan menjadi identitas dalam suatu bangsa. Dengan nilai
tersebut maka suatu bangsa akan menjadi maju dan bermartabat. Begitu juga yang
terjadi di dunia pendidikan. Seorang pengajar, tidak akan pernah bisa lepas
dari sebuah kata sederhana yang disebut nilai. Karena dengan nilai tersebut
maka seorang pengajar akan memiliki sebuah integritas yang pada akhirnya akan
menjadi sebuah identitas, dan dengan identitas tersebut maka seorang pengajar
akan memiliki sebuah kekhasan yang akan membedakan dengan para pengajar yang
lain. Di sinilah biasanya terdapat suatu kecenderungan yang biasa terjadi di
kalangan para pengajar adalah, mereka sering berlomba- lomba dengan metode
pengajaran yang dimiliki dan sudah dipelajarinya. Mereka tidak sadar bahwa
sebuah integritas tidak bisa disederhanakan hanya dengan sebuah kata metode.
Dengan kata lain bisa dikatakan sebagus apapun metode, jika tanpa disertai
dengan integritas yang ada di dalam diri pengajar tersebut maka metode tersebut
tidak akan menjadi efektif.
Cara yang bisa dilakukan oleh seorang
pepelaku pendidikan, baik itu pengajar ataupun peserta didik adalah dengan
menggali berbagi potensi nilai yang ada dalam sebuah lokal masyarakat tersebut.
Dari situlah maka seorang pelaku pendidikan tersebut akan bisa melakukan
perubahan pada dunia pendidikan yang dijalani dan ditekuninya. Hal itu sesuai
dengan sebuah istilah yang berasal dari salah seorang intelektual asal Maroko, yaitu
Almarhum Muhammad Abed Al-Jabiri yang mengatakan “Attajdidu mina dhdhahl” perubahan
harus berangkat dari tradisi kita, maksudnya bahwa perubahan bukan dengan
meminjam tradisi orang ataupun bangsa lain.
4. Pengenalan identitas lingkungan melalui
media pembelajaran
Metode yang bisa digunakan untuk
pengenalan lingkungan dalam pembelajaran yang berbasis pada kearifan lokal
sebenarnya sangatlah vareatif. Untuk siswa SMP- SMA, bagi guru bahasa
Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Jawa, dapat menugaskan para siswa untuk
membuat karangan tentang potensi wisata kota. Bagi guru seni rupa, anda bisa
mengajarkan bagaimana cara menggambar rumah serotongan, limasan dan joglo khas Jawa.
Bagi guru matematika, dapat mengenalkan bentuk-bentuk geometris kepada para
siswa melalui bentuk atap rumah adat. Metoda lain yang dapat dipraktekkan
adalah lewat kegiatan bercerita atau mendongeng, dengan menyertakan gambar,
foto, boneka, iringan musik, miniatur rumah adat, atau barang bawaan guru yang
menarik. Cara semacam ini sangat efektif untuk mendidik siswa di tingkat
Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.
5. Kata- kata bijak yang mengandung motivasi dalam
bahasa lokal (Jawa)
Dalam sebuah lokalitas biasanya memiliki
banyak sekali kekayaan budaya yang sifatnya khas dan mengandung nilai yang
tinggi. Beberapa di antaranya adalah beberapa kata mutiara/ kata- kata bijak
yang sedikit- banyak sering dijadikan semboyan dalam aktifitas masyarakat
(Jawa) sehari- hari:
a. Rame
ing Gawe Sepi ing Pamrih: Kalimat ini memiliki arti yang mengandung sebuah perintah atau ajakan.
Yaitu ajakan agar seseorang senantiasa berbuat baik kepada siapapun, tanpa ada
pilih kasih. Setelah berbuat baik seseorang diajak untuk tidak mengharapkan
imbalan (pamrih) sedikitpun dari apa yang telah ia perbuat. Dari ungkapan kata
tersebut bisa dibayangkan, apa yang akan terjadi di Jawa khususnya jika
sebagian besar masyarakatnya bisa memaknai dan mengaplikasikan ungkapan
tersebut dalam kehidupan sehari- hari? Pertanyaan berikutnya adalah apa yang
akan terjadi di negara Indonesia, jika semua pemimpin dan pejabatnya yang
berasal dari suku Jawa bisa memaknai dan mengaplikasikannya dalam aktifitas
kepemerintahannya? Dari ungkapan tersebut sekarang bisa terlihat bahwa
sebenarnya nilai dari sebuah budaya lokal adalah sesuatu yang hebat.
b. Ing
Ngarsa Sung Tulada, ing Madya Mangun Karsa, Tutwuri Handayani: kalimat ini adalah sebuah ajakan agar
seseorang bisa menyesiaikan dengan kondisi dan posisinya masing- masing.
Apabila ia menjadi seorang pimpinan maka ia mampu menjadi suri teladan yang
baik, apabila ia berposisi menjadi seorang penggerak (mentri/ pejabat tinggi)
maka ia mampu memelihara kualitas kinerjanya, dan apabila ia menjadi seorang
pejabat/ pegawai/ aparat perintah dan sebagainya maka ia sanggup menjaga
dedikasi (memberi kekuatan/ dukungan).
c. Becik
Ketitik Ala Ketara:
Kalimat ini memberi inspirasi
kepada siapa saja, bahwa pada akhirnya seseorang akan menuai apa yang telah
ditanamnya. Dengan begitu tidak ada alasan bagi seseorang untuk melakukan suatu
perbuatan yang buruk, karena pada akhirnya sudah pasti orang tersebut tidak
akan bisa mendapatkan kebahagiaan.
Dari tiga ungkapan kata bijak di atas
sekiranya cukup untuk menjadikan sedikit gambaran bahwa, betapa luhur potensi
nilai yang terkandung dalam lokal masyarakat Indonesia. Dari beberapa gambaran
di atas hanyalah sedikit contoh yang diambil dari satu lokal masyarakat yang
ada di Indonesia yaitu Jawa, padahal masih banyak lagi suku- suku lain yang ada
di Indonesia, yang tentunya dalam tiap- tiap satu lokal sudah pasti memiliki
ciri khas sendiri- sendiri. Seperti suku Batak yang kental dengan keterbukaannya, Jawa yang nyaris identik
dengan kehalusannya, dan suku Madura yang menjunjung tinggi nilai- nilai harga
diri. Maka sekarang pertanyaannya adalah bagaimana jika setiap nilai yang
menjadi khas dalam setiap lokal suatu masyarakat tersebut dijaga dan
dipelihara, serta dikembangkan dan dan diaplikasikan dalam setiap aspek
kehidupan. Setelah itu dipadukan dan sehingga membentuk satu kesatuan yaitu
Indonesia, tentunya akan sangat hebat bukan bukan?
Berdasarkan fenomena yang terjadi di
negara Indonesia saat ini, sudah barang tentu jika semua warga dari seluruh
lapisan masyarakat Indonesia merasa prihatin dan bersedih hati. Begitu juga
dengan dunia pendidikan, sekiranya sudah saatnya untuk menjadi pasukan garda
depan dalam misi menciptakan negara Indonesia yang besar dan berkarakter.
C. Analisis
1. kelebihan pendidikan berbasis kearifan
lokal
kelebihan dari metode yang ada dalam pendidikan
berbasis kearifan lokal ini adalah berpotensi besar di dalam keikutsertaannya
dalam menciptakan bangsa Indonesia yang berkarakter. Sering sekali terdengar
sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa, ”bangsa yang besar adalah bangsa yang
tidak meninggalkan sejarah”. Akan tetapi ada satu hal yang harus diingat yaitu,
suatu bangsa tidak cukup hanya menjadi besar saja, akan tetapi disamping besar
juga harus maju. Sedangkan untuk menjadi bangsa yang maju maka negara tersebut
harus memiliki nilai atau karakter. Denan katalain bahwa negara yang maju
adalah negara yang berkarakter.
2. Hambatan
Sesuatu yang menjadi hambatan di dalam pendidikan
berbasis kearifan lokal ini adalah telah menjangkitnya westernisasi di seluruh
lapisan masyarakat Indonesia. Hal itu disebabkan karena pesatnya kemajuan
peradaban seperti Informasi Teknologi (IT), banyaknya orientalis, oksidentalis
dan sebagainya.
3. Solusi
Solusinya adalah rasa cinta terhadap tanah
air yang disertai dengan keteguhan komitmen untuk menjaga dan melestarikan
nilai- nilai dan budaya yang terkandung di tanah air tersebut. Dengan begitu
seseorang pasti akan termotivasi untuk melakukan suatu hal yang dianggap bisa
membawa bangsa inike arah yanglebih baik.
D.
Penutup
Berdasarkan
uraian di atas maka dapat dikemukakan bahwa membangun pendidikan di sekolah
melalui kearifan lokal mengandung nilai-nilai yang relevan dan berguna bagi
pendidikan. Oleh karena itu pendidikan berbasis kearifan lokal dapat dilakukan
dengan merevitalisasi budaya lokal. Untuk mewujudkan negara Indonesia yang maju
dan bermartabat karena memiliki sebuah nilaitinggi, maka sekolah- sekolah di
seluruh tanah air memrogram metobe pendidikan yang berbasis kepada kearifan
lokal.
Daftar pustaka
Blum, Lawrence A.. 2001. “Antirasisme, Multikulturalisme, dan Komunitas Antar-Ras” Yogyakarta:
Tiara Wacana.
Palmer Parker J. 2009. “Keberanian Mengajar”
Jakarta, Permata Puri Media.
Setiawan Benni. 2008. “Agenda Pendidikan Nasional” Yokyakarta, Ar- Ruz Media Group.
Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik
Departemen Dalam Negeri. 2007. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun
2007 tentang Pedoman Fasilitasi Organisasi Kemasyarakatan Bidang Kebudayaan,
Keraton, dan Lembaga Adat dalam Pelestarian dan Pengembangan Budaya Daerah.
http://tal4mbur4ng.blogspot.com/2010/07/”kearifan-lokal-guna-pemecahan-masalah”.html.
Borgata Hotel Casino & Spa
BalasHapusBorgata Hotel Casino & 먹튀 랭크 Spa offers all-you-can-eat, 룰렛 게임 non-stop dining experience. Enjoy all of 빡촌 후기 the amenities of Borgata Hotel Casino & Spa, including 해외배당흐름 the marathon bet
Casino Kings | jtmhub.com
BalasHapusCasino Kings. 615 Casino Kings Boulevard, Las Vegas, NV 공주 출장마사지 89109. United States. 포항 출장마사지 (702) 892-7117. Casino Kings Hotel & Casino 아산 출장안마 is one of the 여주 출장안마 leading casino and gaming 동해 출장안마